TKI Bangun Sebuah Desa Di Lamongan Yang Sebagian Warganya Bekerja Di Luar Negeri
bandenglele.com Kamis, Posted by Admin - 31-05-2018 - berita lamongan
 

masjid jami payaman solokuro
Masjid jami' Payaman solokuro


Tak semua cerita tenaga kerja di luar negri bergelimang air mata, seperti halnya cerita yang datang dari desa payaman, Kecamatan solokuro, Kabupaten lamongan jawatimur.

Sebuah desa yang berada di lamongan jawatimur ini sebagian besar warganya bekerja di luar negri, Namun mereka tegolong sukses, kesuksesan ini terlihat dari kondisi rumah-rumah mereka yang megah dan fisik desa.

Didesa payaman ini setidaknya dalam satu keluarga ada satu dari anggota keluarganya yang bekerja diluar negri. Bahkan Totalnya yakni mencapai sekitar 1700 warga desa payaman yang menjadi TKI di luar negri, sebagian besar para TKI dari desa payaman ini berada di malaysia.

Salah satunya yakni Ali Mutaqin, ia bekerja sebagai kontraktor bangunan di malaysia sejak thn 1990, gajinya perhari yakni sekitar 250rb rupiah. Bagi Ali bekerja diluar negri tidaklah mudah, Bermacam masalah ia temui termasuk linkungan bekerja yg Kurang bersahabat.

" kadang-kadang orang itu terpengaruh teman2nya yg ada disana, ada yang belum berhasil dan ada yang berhasil jadi teman-teman yg belum pergi kesana otomatis kesana " Ujar Ali Muttaqin Tki Malaysia.

Selain tingkatkan taraf ekonomi keluarga para tki juga berkontribusi membangun desa, termasuk membangun fasilitas pendidikan hingga tempat ibadah.

" Sisi positifnya banyak sekali sehingga desa kami ini banyak sekali mendapatkan bantuan dari mereka yang bekerja di malaysia ", Ujar Khalimin kepala desa payaman.

Namun para tki asal desa payaman ini berharap pengalaman menjadi TKI Cukup dirasakan oleh mereka saja, Mereka tak berharap keturunan mereka juga ikut merasakan tantangan bekerja di luar negri.



Sumber berita : https://www.youtube.com/watch?v=sq2Vv11tNOk
bandenglele.com Kamis, Posted by Admin

Kirim Komentar anda disini,
Nama :
Email / Website :